Apel Tiga Pilar Tingkatkan Sinergisitas Polri, TNI dan Pemerintah

INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal - Pada hari selasa tanggal 25 September 2018 pukul 13.00 s.d 14.00 WIB bertempat di Auditorium STIKES Bhamada Slawi jl Cut Nyak Dien Ds Kalisapu Kec Slawi Kab Tegal telah dilaksanakan Apel 3 Pilar ( Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Kepala Desa/ Lurah ) oleh Kapolda Jateng Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum. bersama Kasdam IV/Diponegoro Brigadir Jenderal TNI Bakti Agus Fadjari dalam rangka mewujudkan Pileg dan Pilpres 2019 yang aman, Tentram dan sejuk di wilayah Kab/ Kota Tegal , acara di selenggarakan Polres Tegal dengan dihadiri lk 900 orang.

Apel Tiga pilar dihadiri oleh, Danbrigif 4/ DR Kol Inf Hartono,Aster Kasdam IV /DIP Kolonel Inf Satyo Ariyanto, Dir Binmas Polda Jateng Kombes Pol Budi Utomo,Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto S sos, Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto SIK, MH, Kapoles Kota Tegal AKBP Jon Wesly Arianto, SIK, Danyonif 407/PK Letkol Inf En Rico Setyo Nugroho, Danlanal Tegal Letkol Laut ( P ) Agus Haryanto SE MTR Hanla, Asisten III Administrasi Umum Sekda Pemkab Tegal Drs Eko Jati Suntoro, M.Si, Wali Kota Tegal Drs, HM Nursholeh, Ketua STIKES Bhamada Slawi Bpk Risnanto,Ketua KPU Kab Tegal Drs Sukartono,Devisi Informasi dan Hukum Bawaslu Kab Tegal Harpendi Dwi Pratiwi Amd S.I Kom,Dan Sub Denpom IV /1 -3 Tegal Kapten Cpm Hariyanto,Panitera Muda Kejaksaan Slawi Syarif Hidayat SH,MUI Kota Tegal Kh Abu Chaer Annur BA dan Perwakilan dari masing Parpol Kab Tegal.

Peserta Apel Tiga pilar terdiri dari Danramil dan Babinsa Jajaran Kodim 0712/Tegal, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas jajaran Polres Tegal, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Kota Tegal,Pejabat Camat Sewilayah Kab Tegal, Kepala Desa Sewilayah Kab Tegal, Pejabat Lurah Sewilayah Kota Tegal.

Acara Apel 3 Pilar diawali dengan pembacaan/pengucapan ikrar Apel Tiga Pilar oleh Perwakila. peserta Apel, adapun isi ikrar Sbb:

"Kami seluruh TNI, Polri , ASN dan Penyelenggara Pemilu Th. 2019 di Wil. Jateng Berjanji : "

1. Bersikap netral pada Pemilu Presiden dan Legislatif Th.2019 sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

2. Tidak menggunakan wewenang dan memberikan dukungan politik dan keterpihakan kepada kontestan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif Th.2019.

3. Tidak memberikan fasilitas dinas maupun pribadi guna kepentingan politik kontestan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2019.

4. Tidak memakai dan memasang atribut kontestan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2019.

5. Bersama-sama bersatu dan mempererat persatuan, kesatuan, keamaman, ketertiban,  dan menjaga kedamaian, selama pelaksanaan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2019.

Dalam amanatnya Pimpinan Apel  Kapolda Jateng Irjen Pol Drs.Condro Kirono,SH,M.Hum mengatakan, ucapan terima kasih kepada seluruh peserta apel 3 pilar wilayah Kab Tegal dan Kota Tegal, yang mana hari ini merupakan pertama kali dilaksanakan Apel bersama dengan Kasdam IV /Diponegoro di wilayah jawa tengah.

Pada tahun ini saya sudah berkomitmen dengan bapak Pangdam IV/Dip untuk datang di setiap wilayah seluruh jawa tengah dalam rangka apel 3 pilar, sehingga saya bisa bertemu dan bertatap muka langsung dengan para kades, Babinsa, Babinkamtibnas, karena ketiganya merupakan ujung tombak dalam pemerintah desa.

Apel ini sengaja kita desain agak berbeda dengan tahun sebelumnya, yang dulu dilaksanakan cuma dua pilar untuk kali ini diikuti oleh tiga pilar, kalau dulu dilaksanakan terpusat di Kab Klaten untik kali ini biarkan kami beserta bapak Pangdam yang datang di tiap-tiap wilayah. 

Pada kesempatan ini kami ingin menyemangati kepada semua elemen masyarakat,karena semua program pemerintah saat ini langsung di tujukan ke masing - masing desa, di samling iti ketiaga pilar tersebut merupakan penopang untuk mensejahterakan masyarakat,saya berpesan apapun program desa semua babinsa,babinkamtibnas harus didukung, karena adalah merupakan ujung tombak di wilayah,pertajamlah mata dan telinga kalian Sehingga Kab. dan Kota Tegal tetap kondusif

Kesejahteraan bisa tercapai apabila keamanan bisa terjaga,apabila ada konflik kecil,sesegera mungkin 3 pilar harus turun dan tanggap terhadap permasalahan sehingga tidak akan meluas.

Mari kita gunakan wewenang tugas kita sesuai fungsi untuk merebut hati masyarakat,menjaring aspirasi masyarakat untuk kepentingan masyarakat jangan arogan terhadap masyarakat, di tahun 2019 kita akan memilih wakil wakil rakyat,mulai DPD,wakil rakyat maupun Presiden,mereka akan menyampaikan visi misi dan programnya untuk mengambil simpati rakyat,dan tugas kita untuk menjaga kondusifitas jangan sampai menjadi perpecahan antar sesama warga masyarakat.

Kita beragam agama,suku,akan tetapi kita harus jaga kondusifitas, soliditas wilayah agar suasana menjadi dingin,damai,sehingga tidak terjadi persaingan yang memanas,dan saya ucapkan terima kasih kepada semua elemen masyrakat karena pilkada 2018 berjalan aman dan lancar. Terakhir saya berpesan jaga netralitas kalian dan semoga pemilu 2019 berjalan aman sejuk dan lancar.

Sementara itu,Kasdam IV /Dip Brigjen TNI Bekti Agus Fajari, S.Ip dalam sambutanya,” Semua sudah di sampaiakan oleh bapak kapolda,yang intinya fungsi 3 pilar merupakan unsur utama jalannya pemerintahan di tingkat desa, Saya hanya mengingatkan saja Babinsa, Babinkamtibnas, Lurah harus berpegang teguh,untuk membuat aman tentram dan sejahtera bagi masyarakat.

Unsur 3 pilar harus solid,karena semua masalah awalnya dari bawah,maka dari itu 3 pilar harus solid. Sebagai Lurah,ASN,TNI Polri harus profesional,karena sebagai penjuru setiap persoalan yang ada di bawah,dan semua harus mendukungnya. Semua harus bisa menjaga intregritas masing masing,baik babinsa,bhabinkamtibmas,lurah sehingga masyarakat bisa mengakui kalau 3 pilar sebagai pemimpin yang mampu memberikan solusi yang terbaik bagi warganya.

Semua harus peduli dan peka terhadap semua kegiatan dan berikan semua solusi yang terbaik,dan saya yakin apabila 3 pilar bersatu dan musyawarah insya alloh akan memberikan yang terbaik. Dan 3 pilar harus bisa sebagai pemimpin,orang tua,dan memberikan tauladan kepada masyarakat di seluruh wilayah.

Saya berharap 3 pilar bisa menyatu mengenal satu persatu masyarakat diwilayah sehingga apabila mereka ada pendatang,maupun orang asing yang sembunyi akan gerah dan keluar dari wilayah tersebut.

Terkait pemilu 2019  TNI,Polri dan ASN harus netral, bapak ibu sekalian sebagai unsur utama untuk mendeteksi semua kerawanan secepat mungkin yang ada wilayahnya. Kita harus bisa membantu dan mewujudkan jalannya pemilu 2019,sehingga bisa berjalan aman dan lancar

Acara tambahan Deklarasi Pemilu damai oleh perwakilan semua Parpol.

1. Deklarasi Pemilu aman,damai dan sejuk di wilayah Kab Tegal oleh Peserta Pemilu dan Ormas Kab Tegal

2. Simulasi Penanganan masa dalam Pemilu 2019. 

3. Adapun isi dari Deklarasi Pemilu sbb :

a Senantiasa menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan.

b. Menolak dan mengecam segala bentuk berita hoax.

c. Mengantisipasi dan kerjasama dalam rangka menangkal segala bentuk kegiatan maupun ancaman yang dapat menimbulkan perpepecahan konflik dimasyarakat.

d. Mengedepankan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam rangka menyelesaikan semua permasalahan yang terjadi.

e. Sinergitas menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di Wil. Kab. Tegal.

Demikian pernyataan sikap bersama ini dibuat dengan ikhlas, tanpa ada tekanan dan paksaan dari siapapun, dari manapun demi kemajuan.(Gus-pen)

  • Whatsapp

Index Berita