Babinsa Koramil Talang bantu penanaman padi di Desa Dukuhmalang Talang Kabupaten Tegal

INDONESIASATU.CO.ID:

WARTAMILITER.COM.Talang - Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Petani Pemerintah memprogramkan Upsus ( Upaya Khusus ) Swasembada Pangan yang melibatkan Institusi TNI AD di Kowil untuk melaksanakan pendampingan Upsus. Dua tahun terakhir program Upsus sudah berjalan dan dilaksanakan oleh aparal Kowil se Indonesia.

Pada masa tanam Okmar ini Danramil 08/Talang Kapten Inf Adi Sulistiyo beserta Babinsa melaksanakan tanam padi pada hari Senin tgl 08/01/2018 pukul 07.30 - 10.00 sawah milik Ratoi Desa Dukuhmalang Rt 08 Rw 02 kec. Talang.

Kelompok Tani Berkah dengan Faritas Padi Ciherang luas sawah yang ditanami padi 0,75 Ha. Penanaman padi tersebut dalam rangka mempercepat LTT pada musim tanam Okmar. Pemilik sawah Ratoi menyampaikan bahwa pengolahan tanah dengan menggunakan traktor yang di dapat dari menyewa di Gapoktan Berkah di desanya yang dikerjakan dengan sistim borong. Bersamaan dengan datangnya musim hujan di bulan Desember ini sehingga penanaman segera dapat dilaksanakan.

Pengairan sawah mengandalkan dari bendung Pesayangan yang merupakan sumber mata air sawah di daerah desa Dukuhmalang dan sekitarnya. Sedangkan saat musim kemarau selain sumber dari bendung Pesayangan juga berasal dari sumur pantek yang ada di sawah dan sudah permanen dan dapat mencukupi mengairi sawah.

Sementara itu, Danramil 08/Talang Kapten Inf Adi Sulistiyo menyampaikan kami perintahkan Babinsa aktif turun kesawah untuk melaksanakan pendampingan kepada petani.

"Hal ini dilakukan untuk mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target serapan gabah di wilayah Kecamatan Talang," jelasnya.

Untuk menggenjot produktifitas panen, lanjut dia, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan, sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional.(Pendim Tegal)

Index Berita