Dandim 0702/ Purbalingga Hadiri Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke -110 Tahun 2018

INDONESIASATU.CO.ID:

PURBALINGGA - Kegiatan Upacara Bendera Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-110 tahun 2018 yang dilaksanakanan di Kab. Purbalingga berlangsung dengan hikmat dan tertib. Bertindak selaku Inspektur upacara Plt Gubernur Jawa Tengah Drs. H. Heru Sudjatmoko, MSi. Pada kegiatan tersebut juga di hadiri oleh para pejabat dari Provinsi diantaranya seperti Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari S.I.P.,M.Si, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Tr (Han), Dirpam Obvit Polda Jawa Tengah Kombes Pol F.X. Bagus W, para Asisten Gubernur Jateng, hadir pula jajaran forkompimda Kab. Purbalingga Bupati Purbalingga H Tasdi SH MM, Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon, Ketua DPRD Purbalingga H Tongat SH MM, Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Andy Bagus D.A, S.IP, Danlanud Jenderal Soedirman, Danyonif 406/CK, Kapolres Purbalingga, Ketua Pengadilan Negeri Purbalingga, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Purbalingga. (21/5).

Plt Gubernur Jawa Tengah Drs. H. Heru Sudjatmoko, MSi selaku inspektur upacara pada saat membacakan Amanat Menteri Informasi dan Komunikasi RI mengatakan, Indonesia secara bersama-sama dan kompak, tanpa terdistraksi oleh godaan-godaan yang kontraproduktif, akan membawa kepada kejayaan bangsa, selain secara otomatis bagi individu-individunya sendiri. Oleh sebab itu tema “PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA MEMPERKUAT PONDASI KEBANGKIIAN NASIONAL INDONESIA DALAM ERA DIGITAL” dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2018 ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.

Jaman Digitalisasi di berbagai bidang ini juga membuka jendela peluang dan ancaman yang sama. Ia akan menjadi ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar, namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan lansekap ekonomi berbasis digital dunia.

pemerintah mencatat bahwa tak sedikit anak muda kreatif yang mampu menaklukkan gelombang digitalisasi dengan cara mencari berkah di dalamnya. Internet, media sosial, situs web, layanan multimedia aplikasi ponsel, mereka jadikan ladang baru buat berkarya, dan pasar yang menjanjikan bagi kreativitas. Banyak kreator konten dan pengembang aplikasi Indonesia yang mendunia, mendapatkan apresiasi baik material maupun non-material.

Menteri Informasi dan Komunikasi RI juga mengajak kepada seluruh masyrakat Republik Indonesia untuk bersama-sama kita jauhkan dunia digital dari anasir-anasir pemecah-belah dan konten-konten negatif, agar anak-anak kita bebas berkreasi, bersilaturahmi, berekspresi, dan mendapatkan manfaat darinya. Tidak ada satu pihak yang tanggung jawabnya lebih besar daripada yang lain untuk hal ini. Pepatah Aceh mengatakan” Pikulan satu dipikul berdua, rapat-rapat seperti brji timun suri” yang artinya sebagai manusia sekaligus mahluk social harus senantiasa menjaga persatuan dalam memecahkan masalah, harus berbagi beban yang sama, merapatkan barisan, jangan sampai terpecah-belah. Demikian juga, dalam konteks menghadapi digitalisasi ini, kita semua harus dalam irama yang serempak dalam memecahkan masalah dan menghadapi para pencari masalah.

dengan keterbatasan akses pengetahuan dan informasi dan keterbatasan teknologi untuk berkomunikasi, berhimpun dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa. Seharusnya sekarang kita juga bisa, sepikul berdua, menjaga dunia yang serbadigital ini, agar menjadi wadah yang kondusif bagi perkembangan budi pekerti, yang seimbang denganpengetahuan dan keterampilan generasi penerus kita.

Diakhir amantnya Plt. Gubernur Jawa Tengan mengucapkan Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-110 dan maknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin meningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa ditahun-tahun mendatang.(Pendim 0702)

Index Berita