Dandim 0712/Tegal Hadiri Acara Pembukaan Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal

WARTAMILTER.COM: TEGAL Kamis (21/2-17) Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto,S.Sos menghadiri acara pembukaan Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal yang di buka oleh Bupati Tegal Entus Susmono yang akan di laksanakan selama 2 hari TMT 21s.d 22 Desember 2017,bertempat di aula Cotel Bumijawa Kecamatan Bumijawa Kab.Tegal.

Acara pembukan Orientasi Majelis pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal di hadiri, Bupati Tegal Entus Susmono,Wakil Bupati Tegal Dra.Hj Umi Azizah,Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto,S.Sos,Sekda Kab.Tegal dr.Joko Mulyono M.Kes,Ka Kwarda Jateng Dr.Ir.Slamet Budi Prayitno M.Sc,Asisten Administrasi Pemerintahan (Asisten I) Nurlaeli,SH,Asisten Administrasi Umum(Asisten III) Drs.Eko Jati Suntoro,M.Si,Kasatpol PP Kab.Tegal Berlian Aji,Inspektur Kab.Tegal Aribawa,Ka BKD Kab.Tegal Edi Budianto,Para Kepala Dinas se Kab.Tegal,SKPD se Kab.Tegal,Camat se Kab.Tegal,Para Danramil Jajaran Kodim 0712/Tegal Wil.Kab Tegal dan Para Kapolsek se Kab.Tegal

Dalam Sambutannya, Ketua Kwartir Cabang Tegal dr. Joko Mulyono M. Kes mengatakan,”Kakak kakak peserta orientasi Mabi yang saya hormati, Bahwa Gerakan Pramuka, sebagai kelanjutan dan pembaruan gerakan kepanduan nasional. dibentuk karena dorongan kesadaran bertanggung jawab atas kelestarian Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dengan asas Pancasila, Gerakan Pramuka menyelenggarakan upaya pendidikan bagi kaum muda melalui kepramukaan, dengan sasaran meningkatkan sumber daya kaum muda, mewujudkan masyarakat madani, dan melestarikan keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, Ideologi Pancasila, damai kehidupan rakyat yang rukun dan lingkungan hidup di bumi nusantara.”terangya.

Kegiatan orientasi ini bertujuan memberikan pencerahan tentang Pendidikan kepramukaan untuk meningkatkan mutu Pendidikan dan kepramukaan, memberikan bekal kepada pramuka.  Saat ini kita tidak dapat menghindar dengan tantangan dan permasalahan yang sangat komplek antara lain dimana masing-masing, individu di karenakan upaya mencukupi kebutuhan pokok dan kepentingan lain nyaris tidak sempat peduli pada hal-hal yang tidak formal, padahal sangat penting. (termasuk pendidikan Gerakan Pramuka). Dan juga adanya penilaian bahwa pendidikan masih berpolemik pada hal-hal teoritis kurang adanya latihan-latihan praktek ketrampilan yang pragmatis, dan baru mencapai kepentingan yang bersifat material duniawi sehingga perlu terus diupayakan aplikasi permainan dan kegiatan guna pencapaian pembentukan watak kepribadian serta hal-hal yang menyangkut kepentingan ukhrowi.

“ Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Tegal dalam upaya mewujudkan tujuan dari Gerakan Pramuka telah melaksanakan kegiatan bakti masyarakat berupa pembuatan Jamban sehat di Desa Rembul dan Guci yang bekerjasama dengan Ikatan Alumni Undip Semarang, Pengobatan gratis bagi masyarakat di Desa Tonggara Kecamatan Kedungabanteng dan Desa Jatinegara, juga telah mendirikan Taman Baca bagi warga desa Kalis Kecamatan Kedungantang. Selain itu Kwartir Cabang juga selalu aktif dalam kegiatan penanganan bencana alam baik tanah longsor maupun banjir, pencarian korban hanyut, pencarian pendaki gunung yang tersesat di Gunung Slamet, dan masih banyak kegiatan bakti yang lain sehingga selama 5 tahun terakhir Kwartir Cabang Tegal selalu menjadi yangterbaik di Jawa Tengah.”jelasnya.

Sementara itu, Ka Kwarda Jateng Dr Ir Slamet Budi Prayitno M. Sc,”mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Kursus Orientasi Majelis Pembimbing di Kabupaten Tegal, dan kita bisa saling memberikan pengalaman di bidang kepramukaan,”ucapnya.

Dalam sambutannya,” Bupati Tegal sekaligus pernyataan pembukaan Kursus Orientasi pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal mengatakan,”bupati tegal adalah prodak Pramuka,maka anak-anak saya wajibkan ikut pramuka,karena pramuka adalah belajar disiplin dari usia dini.”ucapnya.

“ saya hanya ingin berfilsapat, ini adalah tenda pramuka yang di tengah ada tiga tiang satu tambang yang di tanam, artinya kita bisa berubah termasuk di jarajaran pemda. Tenda ini kita sebut tenda tri tunggal.jelas entus susmono

Kita saling berkesinambungan antara instansi baik instansi terkait  , maka dengan tenda tri tunggal saya berharap grafik saling naik dan saling naik selalu. Mudah mudahan tenda tri tunggal menjadi sub tema yang utama.”harapnya.

Dengan mengucapkan alfatihah Kursus Orientasi Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal saya dibuka.(Pendim Tegal)

Index Berita