Dandim 0712/Tegal menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba dalam rangka hari amal bakti Kemenag RI ke-72

INDONESIASATU.CO.ID:

SLAWI - Bertempat di Lapangan Pemkab Tegal Jl. Dr. Soetomo No. 1 Slawi Dandim 0712/Tegal mengikuti Upacara Hari Amal Bakti kementrian Agama RI ke-72 tahun 2018 dengan irup Bupati Tegal Ki Enthus Susmono yang dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Bazda Kab Tegal yaitu juara MQK nasional dan beberapa juara tingkat provinsi dalam rangka Hari Amal Bakti Kemenag RI. Rabu (3/1/2018)

Dalam sambutannya Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin yang dibacakan oleh Bupati Tegal menyampaikan selamat Hari Amal Bakti ke-72 kepada seluruh jajaran keluarga besar Kementerian Agama di mana pun bertugas.

Disampaikan bahwa Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita, Kementerian Agama bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jatidiri bangsa Indonesia.

Menteri Agama juga menyampaikan bahwa dimasa sekarang tuntutan publik terhadap Kementerian Agama semakin tinggi, terbuka, dan spontan. Diperlukan sikap yang tepat dan cerdas dalam merespons tuntutan masyarakat tersebut. Kita tidak boleh lagi bekerja dengan kacamata kuda yang menutup kepedulian terhadap sekitar, dengarlah aspirasi dari berbagai arah agar kita dapat mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik. “Kemudian, marilah kita latih kepekaan agar lebih memahami persoalan riil di masyarakat sehingga dapat menentukan prioritas kerja. Dalam bahasa agama, langkah ini dikenal dengan istilah taqdimul aham min al muhim, dahulukan yang terpenting daripada yang penting”, jelasnya.

Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama tahun 2018 mengambil tema: "Tebarkan Kedamaian". Tema ini dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian, Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. Kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. Kedamaian merupakan pintu maslahat bersama. Dan hanya dengan hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih sayang Tuhan yang hakiki.

Oleh karena itu, menteri mengajak seluruh ASN Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama di Tanah Air agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian. Pendim Tegal

 

Index Berita