Kasdim 0712/Tegal : Generasi Muda Harus Tingkatkan Wawasan Kebangsaan dan Pendidikan Bela Negara

agussutanto, 12 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal - Kepala Staf Kodim 0712/Tegal Mayor Inf Akhmad Aziz mengatakan bahwa para generasi muda sekarang harus memperkuat Wawasan Kebangsaan dan meningkatkan kesadaran Bela Negara serta mengembangkan kemampuan diri di lingkungan masyarakat, dalam rangka menghadapi berbagai potensi permasalahan yang akan dihadapi di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kasdim 0712/Tegal saat memberikan pembekalan tentang “Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Pendidikan Bela Negara Bagi Generasi Muda Kota Tegal”, dihadapan 100 siswa siswi SMK Kota Tegal. bertempat di Kantor Kesbangpol ruang Eks Samsat Kota Tegal, Rabu (11/12/2019) kemarin.

Pada pembekalan tersebut, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0712/Tegal memaparkan materi bertajuk, Peran Pemuda Dalam Menjaga Keutuhan NKRI Dalam Menghadapi Proxy War.

Dijelaskan Kasdim, proxy war atau perang dalam semua aspek berbangsa dan bernegara. “Tidak diketahui siapa lawan siapa kawan,” bebernya.

Dalam proxy war, lanjut mayor Aziz, pihak lawan tidak langsung berkonfrontasi melainkan memanfaatkan pihak ketiga, bisa negara atau bukan negara. “Tujuannya jelas yakni untuk menguasai bahkan menghancurkan negara sasaran dari berbagai aspek meliputi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan Hankam,” jelasnya

Peredaran Narkoba yang menyerang generasi muda merupakan salah satu indikator adanya proxy war. Ini penghancuran moral generasi muda. “Moral merupakan kekuatan non fisik dalam sistem pertahanan negara disamping kekuatan fisik,” papar Kasdim 0712/Tegal.

Sebagai Generasi Muda anak Bangsa harus bijak dan bersatu, ancaman kedepan semakin nyata dan Antisipasi sejak dini, perlu mewujudkan kesamaan persepsi tentang ancaman dan solusi oleh semua komponen masyrakat. Pemuda sebagai agen perubahan serta jangan mudah terprovokasi oleh berita Hoax.

“Kita, semua anak bangsa, terlebih para pemuda punya tanggung jawab besar untuk membentengi negara ini dari berbagai ancaman demi menjaga agar NKRI tetap utuh dan jaya, meningkatkan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan Cinta Tanah Air serta rela berkorban untuk Bangsa dan Negara”pungkas Kasdim.

Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar kususnya SMK kota Tegal ini harus mampu menghadapi itu semua dan membawa Indonesia yang lebih maju dimasa yang akan datang,” ucapnya.

Lebih lanjut Kasdim menyampaikan bahwa siswa siswi SMK kota Tegal ini harus mampu melahirkan lebih dari satu sosok generasi yang tidak hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan, namun memiliki mental kualitas ideologi serta jiwa kepemimpinan yang kuat serta visioner dan tentunya dikemas dalam kualitas wawasan kebangsaan yang tinggi dari setiap individu.

Sebagai generasi penerus harus mempunyai semangat dan rasa membangun bangsa yang tinggi untuk memiliki karakter bangsa di dalam menjalankan kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk memperkuat wawasan kebangsaan yang tinggi. (Nrs*)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu