Pelda Abadi Koramil 02/Tegal Timur hadiri Rakor Lintas Sektoral Puskesmas Panggung

INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal Timur - Bertempat di Puskesmas Panggung Kec.Tegal Timur Kota Tegal Bati Tuud Koramil 02/Tegal Timur Pelda Abadi mewakili Danramil 02/Tegal Timur menghadiri kegiatan Rakor Lintas Sektoral dengan Tema “.Penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa"( ODGJ).Selasa (17/7)

Kegiatan Lintas Sektoral Puskesmas Panggung dihadiri CamatTegal Timur Zainal Ali Mukti,Kapolsek Tegal Timur diwakili Bhabinkantibmas Aiptu Muslih, Danramil Tegal Timur diwakili Batituud Pld Abadi,Kepala Dinkes diwakili bidang P2P Yuli Prasetyo, Dinkes bidang Pemberdayaan masyarakat Inka, Kepala Puskesmas Panggung Dr.Lulu,Lurah se Kecamatan Tegal Timur,Team TKSK (Tenaga Keswadayaan Sosial Kecamatan) Umi dan para Kader Kesehatan Jiwa.

Dalam sambutannya,Yuli Prasetyo dari Dinas Kesehatan bidang P2P Kota Tegal mengatakan Pelaksanaan upaya pencegahan dan penanggulangan permasalahan kesehatan jiwa di masyarakat, dilakukan dengan persiapan dan langkah-langkah yang tepat. Untuk itu perlu adanya jejaring lintas sektor dalam penanganan kasus pelayanan kesehatan jiwa masyarakat,”jelasnya

Menurut Yuli, gangguan jiwa dalam pandangan masyarakat masih identik dengan gila (psikotik). Sementara kelompok gangguan jiwa lain seperti ansietas, depresi dan gangguan jiwa yang tampil dalam bentuk berbagai keluhan fisik kurang dikenal.  Kelompok gangguan jiwa inilah yang banyak ditemukan di masyarakat.

“Mereka ini datang ke pelayanan kesehatan umum dengan keluhan fisiknya, sehingga petugas kesehatan sering kali terfokus pada keluhan fisik, melakukan berbagai pemeriksaan dan memberikan berbagai jenis obat untuk mengatasinya. Masalah kesehatan jiwa yang melatarbelakangi keluhan fisik tersebut sering kali terabaikan, sehingga pengobatan menjadi tidak efektif, ” ujarnya.

Yuli menjelaskan, masalah kesehatan jiwa tidak menyebabkan kematian secara langsung, namun akan menyebabkan penderitaan berkepanjangan baik bagi individu, keluarga, masyarakat dan negara karena penderitanya menjadi tidak produktif dan bergantung pada orang lain.

Sementara itu,Camat Tegal Timur menerangkan masalah kesehatan jiwa di masyarakat semakin kompleks dan semakin meningkat, maka diperlukan pendekatan dan pemecahan masalah dengan persiapan dan langkah-langkah yang tepat. Masalah ini tidak dapat dan tidak mungkin diatasi oleh pihak/sektor kesehatan saja, tetapi membutuhkan suatu kerja sama yang luas secara lintas program dan lintas sektor, kepolisian, koramil, Dinas Sosial, LSM, termasuk peran serta masyarakat dan kemitraan swasta”terangnya

Inka menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan jiwa masyarakat diKota Tegal Khususnya Kecamatan Tegal Timur serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan jiwa. “Selain itu, mendeteksi kesehatan jiwa masyarakat, mengukur angka gangguan jiwa di masyarakat dan memberikan kontribusi pada Program Bebas pasung,” pungkasnya.(Gus-pen)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita