Puluhan Anggota Menwa UPS Tegal Dapatkan Materi Proxy War dari Dandim 0712/Tegal

WARTAMILITER.COM:  TEGAL - Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa yang memiliki sikap disiplin, berwawasan kebangsaan, berpengetahuan, fisik yang prima dan mental yang kuat agar mampu melaksanakan tugas bela negara serta menanamkan dasar-dasar kepemimpinan dengan tetap mengacu pada tujuan pendidikan nasional, mempersiapkan potensi mahasiswa sebagai bagian dari potensi masyarakat dalam rangka sistim pertahanan keamanan rakyat semesta. 

Resimen Mahasiswa (Menwa)  Batalyon 924/Garudea Universitas Panca Sakti (UPS) Tegal bekerjasama dengan Kodim 0712/Tegal menggelar pra pendidikan dasar (pradiksar) Tahun 2018. Kegiatan tersebut diikuti 33 peserta terdiri dari 15 anggota menwa dan 18 calon anggota menwa yang dilaksanakan di aula Kodim 0712/Tegal. Jumat (12/1)

Dalam sambutan sekaligus pemberian materi, Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto, S.Sos menyampaikan tentang “proxy war” kepada para peserta bahwa para mahasiswa khususnya anggota menwa sebagai calon pemimpin bangsa harus mewaspadai strategi Proxy War atau perang antara dua pihak yang menggunakan peran pengganti. Kini, Proxy War menjadi ancaman serius bagi kedaulatan NKRI.

Komandan Kodim mengingatkan, Proxy War sudah mengancam semua wilayah NKRI. Indikasi Proxy War itu terlihat melalui adanya gerakan separatis, demonstrasi massa dan bentrok antar kelompok. “Pemeran Proxy War dapat menjelma menjadi siapa saja dan lembaga apa saja. Misalnya, melalui LSM, media, jaringan narkoba, ormas dan OKP sehingga harus dicermati,” kata Dandim.

Menurut Dandim, Indonesia sebagai salah satu negara equator memiliki potensi vegetasi, sepanjang tahun akan menjadi arena persaingan kepentingan nasional berbagai negara. Sehingga dibutuhkan tindak antisipasi dan persiapan matang agar bangsa ini mampu menjamin tetap tegaknya keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dandim juga berharap, "Resimen Mahasiswa Batalyon 924/Garudea UPS Tegal harus dapat mengaktualisasikan dirinya sesuai perkembangan zaman dan tetap melakukan sesuatu yang oleh masyarakat dipandang relevan dengan tantangan dan tuntunan masyarakat, juga resimen mahasiswa dalam konteks kepemudaan agar selalu ikut berperan serta membantu terlaksananya pembinaan kesadaran bela negara, membantu TNI Polri dalam melaksanakan pembinaan ketahanan dan keamanan wilayah dalam keadaan tertentu. (PENDIM TEGAL)

Index Berita