Warga Dan Babinsa Brebes Sterilkan Bantaran Sungai Pagejugan

INDONESIASATU.CO.ID:

BREBES – Normalisasi sungai sebagai respon dari kebutuhan air para petani Desa Pagejugan, Pasar Batang dan sekitarnya terus dikebut, PT. Hutama Karya menerjunkan 3 Alat berat (Beghu) di tiga titik saluran irigasi untuk mempercepat pengerukan lumpur guna pendalaman saluran irigasi, yaitu di saluran irigasi di Desa Banjaranyar, Pasarbatang dan di saluran irigasi di Desa Pagejugan. Selasa (9/1/2017).
Danramil 01/Brebes Kapten Inf Nurhadi dan Babinsa Desa Pagejugan Pelda Sudirman terjun langsung memonitor proses normalisasi, “Normalisasi sepanjang saluran irigasi yang akan mengarah ke Desa Pagejugan ini harus segera dikebut untuk membantu dan menyelamatkan panen para petani yang sangat membutuhkan air sawah mereka, Kami juga memasang tulisan yang bertuliskan “Dilarang Menanam Pohon di Areal Bantaran Sungai” dengan tujuan agar bantaran sungai terbebas dari tanaman warga sehingga lebih memudahkan proses normalisasi menggunakan alat berat kedepannya, karena warga ada yang menanam pohon pisang, cabe dan lain-lain di bantaran sungai Desa Pagejukan dan ini perlu disterilkan,” beber Nurhadi.

Sementara perwakilan dari PT. Hutama Karya yang mendapatkan mandat normalisasi sungai dari Pemkab Brebes melalui saudara Azis mengungkapkan, “Normalisasi sungai berupa pengerukan lumpur sangat diperlukan guna menambah debit air yang mengalir ke saluran irigasi yang mengarah ke Pagejugan, kami menerjunkan 3 Beghu guna mempercepat pekerjaan. Dengan normalnya saluran irigasi dari lumpur dan sampah, diharapkan mampu memberikan air pertanian yang memadai bagi lahan sawah petani. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Danramil Brebes Kota dan Babinsa Pagejugan serta kesadaran dari warga, yang aktif membantu kami mensterilkan bantaran sungai sehingga memudahkan alat berat kami untuk bekerja,” tandasnya. 

“Sementara 1 unit alat berat di bantara sungai Desa Pagejugan berhenti beroperasi pada Selasa 8 Januari 2018 kemarin yang disebabkan kebocoron oli pada sistem hidrolik, dan akan segera didatangkan tekhnisi guna memperbaikinya, sehingga pekerjaan normalisasi dapat segera selesai,” pungkas Azis. (Pendim Brebes/Aan)

Index Berita