Dandim Tegal Hadiri Upacara Peringatan Ke-59 Hari Pramuka Di Kota Tegal

Dandim Tegal Hadiri Upacara Peringatan Ke-59 Hari Pramuka Di Kota Tegal

TEGAL - Upacara peringatan ke-59 Hari Pramuka di Kota Tegal, berlangsung khidmat di Lapangan SMP Negeri 13 Kota Tegal, Jumat (14/8/2020).

Hadir dalam upacara tersebut, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Ketua Kwarcab Kota Tegal Muhamad Jumadi, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. Kapolres Kota Tegal dan jajaran Camat  Kota Tegal.

Dalam kesempatan itu Dedy Yon membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Wali Kota Dedy Yon mengatakan, tema Hari Pramuka kali ini adalah 'Peran Gerakan Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara.'

Ia mengatakan, tema tersebut menjadi tema utama dalam seluruh aktivitas dan gerakan pramuka pada 2020.

"Tema ini adalah wujud dari semangat pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19. Yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia, bahkan seluruh Indonesia juga mengalaminya, " kata Dedy Yon

Dedy Yon mengatakan, berbagai kegiatan yang sudah dilakukan di tengah pandemi Covid-19, merupakan bukti eksistensi dari gerakan pramuka.

Hal itu sesuai janji pramuka, yaitu 'Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republlk Indonesia.

Menurut Dedy Yon, itu menjadi bagian dari bela negara dan wujud konkrit kecintaan terhadap NKRI.

"Sebagai organisasi pendidikan yang berasaskan Pancasila, aktivitas membantu penanggulangan bencana alam dan mengatasi wabah Covid-19 ini adalah kegiatan untuk menunjukkan betapa semua anggota pramuka berusaha menepati janjinya, " jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Dedy Yon sekaligus memberikan tanda penghargaan lencana melati, darma bakti, pancawarsa dan karya bakti pramuka kepada anggota pramuka Kwartir Cabang Kota Tegal. (Nrs)