Kementan-TNI AD Sepakat Perkokoh Kesiapan Penyediaan Pangan

Kementan-TNI AD Sepakat Perkokoh Kesiapan Penyediaan Pangan

Jakarta - Indonesia memiliki potensi besar di sektor pertanian, maka  dibutuhkan kekuatan dan kebersamaan dari semua pihak, termasuk TNI. Terkait hal tersebut, Kementan dibawah pimpinan Mentan Syahrul Yasin Limpo menggandeng TNI AD guna memperkokoh dukungan pendampingan, percepatan tanam dan peningkatan produksi komoditas tanaman pangan melalui program food estate dan pendampingan pengembangan sapi.

Program ini untuk memenuhi kebutuhan pangan pokok utamanya padi, jagung, dan daging sapi dan  komoditas pertanian lain seperti sayuran, buah, perkebunan utamanya kelapa, serta ternak itik.

"Secara umum TNI siap mendampingi seluruh akselerasi dari program Kementan baik secara teknis maupun secara fisik. Karena kalau kesiapan pangan dalam negeri kita sudah cukup maka ekspor sangat terbuka lebar, " ujar Syahrul saat menandatangani MoU dengan TNI AD, Selasa, 29 September 2020 di Kantor Pusat Kementan, di Jakarta.

Syahrul juga menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan tersebut sebagai bentuk pendampingan dalam rangka pelaksanaan program pembangunan pertanian. "Kerjasama yang dilakukan meliputi peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang pertanian, pemanfaatan sarana, prasarana, serta pendampingan penerapan inovasi teknologi pertanian, serta bidang kerja sama lain dalam upaya mencapai swasembada pangan, " tandasnya.

"Saya melihat respon dari TNI AD sangat luar biasa, juga angkatan lain dan Polri juga terus mendorong kami di Kementan. Untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI AD yang terus memberikan pendampingan dan juga didukung oleh para Bupati dan Gubernur di daerah, " tuturnya.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menegaskan bahwa pihaknya selalu siap untuk mendukung program ketahan pangan yang dicanangkan oleh Kementan.

Menurutnya, TNI AD dan Kementan sudah bekerjasama di banyak kegiatan dan kedepannya akan terus membantu Kementan dalam mempersiapkan pangan. "Ketersediaan pangan merupakan suatu tugas besar negara. Kami merasa ini bagian dari tanggung jawab dan dalam hal ini kami sekali lagi siap bersama Kementan dalam me jaga ketahanan pangan, " tegasnya.

Sebagai informasi,   ada 4 fokus program yang menjadi perhatian Kementan dalam menjaga ketahan pangan. Yaitu meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan.  Diversivikasi pangan non beras,   perkuatan cadangan pangan daerah, serta modernisasi dan mekanisasi pertanian. (pendim tegal)

tegal
ANDHI TIMOR SETIAWAN

ANDHI TIMOR SETIAWAN

Previous Article

Kodim 0712/Tegal Menyelenggarakan Acara...

Next Article

Jenderal Andika: Kami All Out Dukung Pertanian

Related Posts

Peringkat

Profle

Satria Ferry

Kusdiyono

Kusdiyono

Postingan Bulan ini: 31

Postingan Tahun ini: 153

Registered: Feb 23, 2021

Muhis

Muhis

Postingan Bulan ini: 31

Postingan Tahun ini: 348

Registered: Jan 15, 2021

WONOSOBO

WONOSOBO

Postingan Bulan ini: 30

Postingan Tahun ini: 73

Registered: Mar 13, 2021

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 25

Postingan Tahun ini: 374

Registered: Jul 11, 2020

Profle

AAN SETYAWAN

Dandim Pimpin Sertijab Danramil dan Perwira Staf Kodim 1403 Sawerigading
Ini Materi Pembentukan Karakter Kader NU Wanasari Brebes
Danrem 032/Wirabraja Terima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 6 Perwira
Jelang Ramadhan 1442 H, Danramil Mangkutana Hadiri Rakor di Kantor Camat Kalaena

Follow Us

Recommended Posts

Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos, M.M Kunjungi Prajuri Yonif 410/Alugoro
Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos, Laksanakan Happy Run Bersama Prajurit Alugoro
Para Taruna Bersinergi Bersama Masyarakat Simalungun
Kunjungannya ke Kota Kripik, Pangdam IV/Diponegoro Silaturahmi Bersama Komponen Masyarakat
Wijaya Perkasa Fitnes Center