Koptu Samudin Mengamankan Kegiatan Swab Warga Desa Binaanya.

Koptu Samudin Mengamankan Kegiatan Swab Warga Desa Binaanya.

Tegal - Adanya informasi warga dari Desa Talok Kecamatan Pangkah yang dinyatakan reaktif hasil rapid tes oleh RS Susilo Slawi atas nama Rosidin,   dinas kesehatan Kab. Tegal cepat tanggap dan merencanakan kegiatan Swab terhadap orang yang kontak langsung dengan PDP.

Dinas kesehatan Kab. Tegal bersama dokter Puskesmas Pangkah di dampingi bidan desa, perangkat desa dan Babinsa Koramil 11/Pangkah mengambil langkah cepat melaksanakan Swab terhadap orang melaksanakan kontak langsung dengan Rosidin  dirumahnya, Desa Talok Rt 07/02 Kec. Pangkah Kab. Tegal, Kamis (3/9/20)

Menurut keterangan Babinsa Koramil Pangkah, Koptu Samudin kronologi diketahuinya Rosidin dinyatakan reaktif covid-19 yakni Rosidin yang keseharian bekerja sebagai buruh tukang bubut besi di Adiwerna pada hari selasa (1/9/20) mengeluh sakit batuk yang tidak berkesudahan dan berobat di RSI Singkil Adiwerna, setelah mendapat resep obat yang harus ditebus di Apotik Puskesmas Pangkah, sesampai dirumah obat tersebut diminum. Keesokan harinya yakni Rabu (2/9/20) dikarenakan kesehatanya memburuk, oleh keluarga di bawa ke RS Soesilo Slawi, Rosidi yang memang mempunyai riwayat sakit paru dilakukan rapid tes dan hasilnya reaktif kemudian dilanjutkan Swab. Melihat hasil rapid tes yang reaktif, pihak RS Susilo menghubungi Dinkes Kabupaten dan Puskesmas Pangkah. Rosidi dinyatakan sebagai PDP, oleh karenanya sejumlah 14 orang tetangga dan keluarga yang kontak langsung dilakukan Swab.

"Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, perintah dari Danramil 11/Pangkah, Kapten Inf Radiyono agar Babinsa mendampingi tim dari Dinkes, Puskesmas dan bidan serta perangkat desa sekaligus melaksanakan pengamanan agar Swab berjalan dengan lancar" ungkap Koptu Samudin.(Wf/Pendimtegal)